ANALISIS CUSTOMER VALUE INDEX DALAM MEMILIH RESTORAN DI INDONESIA

Authors

  • Agieta Mahadewi Gustiadik Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia
  • Osa Omar Sharif Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36555/almana.v3i2.507

Keywords:

Promosi, Nilai atau Harga, Ekspektasi Kualitas, Keadaan, Diet, Variasi atau Inovasi

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 389 responden pengunjung restoran. Teknik analisis data menggunakan Conjoint Analysis. Berdasarkan hasil pengolahan data pada penelitian ini, kartu profil empat mendapatkan nilai customer value index tertinggi. Dan kartu profil enam mendapatkan nilai customer value index terendah. Kartu profil empat menunjukan bahwa yang menjadi value driver pada penelitian ini adalah rating in food guides.

References

B. P. S. "Perkiraan Penduduk Beberapa Negara, 2000-2014," 2018. [Online]. Available:
https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/960.
B. Mennecke, A. Townsend, D. Hayes and S. Lonergan, "A study of the factors that influence consumer attitudes toward beef products using the conjoint market analysis tool," Journal of Animal Science, 2007.
P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2009.
L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, Consumer Behavior, New Jersey: Prentice-Hall Inc., 2007.
J. Engel, R. Blackwell and P. Miniard, Consumer Behavior, Orlando: The Dryden Press, 1995.
D. I. Hawkins and D. L. Mothersbaugh, Consumer Behaviorr: Building Marketing Strategy, Irwin: McGraw-
Hill, 2016.
A. R. Saleh and M. A. Wahab, Psikologi dalam Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam), Jakarta: Kencana,
2004.
R. J. Best, Market-based management : strategies for growing customer value and profitability, New York:
Pearson, 2012.
F. Tjiptono, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Bayumedia Publishing, 2005.
K. B. B. I. "KBBI Daring," 2011. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/preferensi.
A. Hartono, Terapi Gizi dan Diet Rumah Sakit, Jakarta: EGC, 2006.
T. Suryani, Perilaku Konsumen (Implikasi Pada Strategi Pemasaran), Surabaya: Graha Ilmu, 2008.
R. J. Harrington, M. C. Ottenbacher and K. W. Kendall, "Fine-Dining Restaurant Selection Direct and
Moderating Effects of Customer," Journal of Foodservice Business, 2013.
P. Kotler and G. Armstrong, Principles of Marketing, New Jersey: Prentice Hall, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD, Bandung: Alphabeta, 2012, p. 8.
S. Santoso, Statistik Multivarat dengan SPSS, Jakarta: Media Komputindo, 2017.
K. P. R. I. "Perkembangan Usaha Restoran/Rumah Makan Berskala Menegah dan Besar Menurut Provinsi,
2007 - 2012," 1 Januari 2018. [Online]. Available: http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=114&id=1430.

Downloads

Published

2019-08-07

How to Cite

Gustiadik, A. M., & Sharif, O. O. (2019). ANALISIS CUSTOMER VALUE INDEX DALAM MEMILIH RESTORAN DI INDONESIA. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 279–290. https://doi.org/10.36555/almana.v3i2.507

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.