PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL STUDI PADA PT. Campina Bandung

Main Article Content

Muhamad Ari Rhamdani
Arief Tasrif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan teknologi informasi terhadap karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen dan dampaknya terhadap kinerja  manajerial. Adapun latar belakang penelitian ini karena belum sempurnanya budaya organisasi, teknologi informasi, karakteristik sistem informasi akuntasi manajemen dan kinerja manajerial pada  perusahaan. Hasil penelitian diharapkan menjadi solusi pemecahan masalah pada sistem informasi akuntansi manajemen dan kinerja manajerial. Terdapat populasi dengan 74 karyawan dan sampel sebesar 40 karyawan. Data dikumpulkan dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner secara langsung pada PT. Campina Bandung, diolah secara statistik dengan menggunakan SEM-PLS. Selanjutnya untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan explanatory research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen dan (2) teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen dan (3) karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial.

Article Details

Section
Articles

References

Darmawan , Didit . 2013. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi . Surabaya: Pena Salemba Abdul dan Terra. 2013. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi.
Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.
Hansen, Don R dan Mowen, Maryanne M. 2004. Management Accounting. (edition 7th). Penerjamah: Deny Arnos Kwary. Jakarta : Salemba Empat.
Mulyadi . 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta:Salemba empat.
Hutapea , Parulian . 2008. Kompentensi Plus Teori, dan Kasus Penerapan untuk HR Serta Organsasi yang Dinamis . jakrta: Gramedia Pustaka Utama.
Mulyadi . 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta:Salemba empat
Siregar, Baldric dkk . 2013. Akuntansi Manajemen . Jakarta: Salemba Empat
Arsono Laksamana dan Muslichah. 2002. Pengaruh Teknologi Informasi, Saling Ketergantungan, Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial. Jurusan Ekonomi Akuntansi.
Silalahi, Ulber. 2011. Asas asas Manajemen. Bandung: Refika aditama
Sugiyono. 2012. Metode Penelitiaan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Hair,Jr Joseph F . Hult, M G Thomas. Ringle, M Christin. Sarstedt,Marko. 2014. A Primer On Partial Least Squares Stiructural Equation Modeling (Pls-Sem). London :SAGE Publications.Inc.