ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEMBENTUKAN MINAT BERLANGGANAN DI INDUSTRI VIDEO-ON-DEMAND DI INDONESIA

Main Article Content

Nurvi Apriana Yusuf
Indrawati Indrawati

Abstract

Penelitian ini mengukur minat pengguna video-on-demand di Indonesia dengan menggunakan model penelitian UTAUT2 yang telah dimodifikasi, dimana peneliti menganalisis variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, dan Content terhadap Behavioral Intention. Data didapat menggunakan survei online dan berhasil mengumpulkan 403 responden yang valid, dengan usia 15-60 tahun, dan telah menggunakan layanan video-on-demand, serta telah melewati masa percobaan (free trial). Seluruh data yang dikumpulkan telah memenuhi kriteria validitas dan realibilitas. Untuk menguji validitas dan realibilitas, peneliti menggunakan software SPSS versi 21. Selain itu, untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil pengujian membuktikan bahwa terdapat 4 faktor yang memengaruhi Behavioral Intention, yaitu Habit, Content, Performance Expectancy. Dan Effort Expectancy. Dalam variabel moderator, maka variabel Age (Usia) memengaruhi Habit terhadap Behavioral Intention, sedangkan variabel moderator Gender (Jenis Kelamin) dan Income (Pendapatan) tidak berpengaruh. Penelitian ini juga mendapatkan hasil R^2 sebesar 0,655 dan masuk pada kategori moderat.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah, W., & Jogjyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI
DailySocial.id. (2018). Video on Demand Survey 2017. Diperoleh 9 Oktober 2018, dari https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-survei-video-on-demand-2017.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Refika Aditama.
Indrawati. (2017). Perilaku Konsumen Individu (1st ed). Bandung: Refika Aditama.
Indrawati dan Haryoto, K.S. (2015). The Use of Modified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 to Predict Prospective Users’ Intention in Adopting TV Streaming. Proceedings of the 5th International Conference on Computing and Informatics.
Indrawati dan Mansur. (2015). Behavioral Intention to Use @wifi.id Services in Indonesia. 3rd International Seminar and Conference on Learning Organization (ISCLO 2015).
Statista. (2018). Video-on-Demand in Indonesia 2018. Diperoleh 10 Oktober 2018, dari https://www.statista.com/outlook/201/120/video-on-demand/indonesia
Venkatesh, et al. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly.