PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI GAJI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN GAJI TERHADAP EFEKTIVITAS PELAPORAN PPH PASAL 21 (SURVEI PADA PT XYZ)

Main Article Content

Nurul Gina Maulani

Abstract

Sistem informasi akuntansi gaji dan sistem pengendalian intern gaji adalah suatu perlindungan terbaik bagi penyelewengan data yg disajikan dalam penggajian, jika dalam kinerjanya sudah tepat maka akan memberikan dampak pada efektivitas pelaporan PPh Pasal 21 menjadi lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh sistem informasi akuntansi gaji, sistem pengendalian intern gaji terhadap efektivitas pelaporan PPh Pasal 21. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang terkait dalam sistem informasi akuntansi gaji, sistem pengendalian intern gaji dan efektivitas pelaporan PPh pasal 21 dengan menggunakan teknik sampling purposive. Maka jumlah sampel yang digunakan sebanyak 31 responden. Dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi gaji memiliki pengaruh terhadap efektivitas pelaporan PPh Pasal 21 dengan besar pengaruhnya adalah 74,2%. Dan sistem
pengendalian intern gaji berpengaruh juga terhadap efektivitas pelaporan PPh Pasal 21 sebesar 83,5%.

Article Details

Section
Articles

References

Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Proses dan Penerapan. (Edisi I). Yogyakarta: Andi.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. (http://putra-finance-accounting-taxation.blogspot.com/2007/10/gaji.html?m=1) (http://www.blogkeuangan.com/2011/07/dasar-hukum-dan-pengertian-pph-pasal-21.html) (http://www.online-pajak.com/id/software-payroll-indonesia/sistem-penggajiankaryawan-1-klik)
Krismiaji. 2012. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Precetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Mulyadi. 2003. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Resmi, Siti. 2016. Perpajakan Teori dan Kasus. (Edisi 9). Jakarta: Salemba Empat.
Suprianto, Edy. 2012. Akuntansi Perpajakan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualikatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.