ANALISIS ADOPSI SITUS AIRBNB MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Main Article Content

Aulia Shalmaa Putri Renadie
Osa Omar Sharif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal. Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 407 pengguna situs Airbnb yang diperoleh dengan teknik sampling purposive. Data yang terkumpul dari sembilan pertanyaan kuisioner kemudian diolah menggunakan teknik analisis data Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Ease of Use terhadap Perceived Usefulness, Perceived Usefulness terhadap Behavioral Intention, Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention, serta Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention. Untuk perbaikan, Airbnb sebaiknya tetap mempertahankan dan mengutamakan unsur manfaat yang diberikan Airbnb untuk para penggunanya karena memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap minat seseorang dalam meggunakan Airbnb dan meningkatkan unsur kemudahan dengan menambahkan fitur lain yang belum disediakan oleh Airbnb.

Article Details

Section
Articles

References

Cbsinsights. (2015). Why That Crazy-High Airbnb Valuation is Fair. Diakses pada 22 September 2017, dari https://www.cbsinsights.com/research/airbnb-hospitality-industry-valuation-breakdown/.
Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra, Volume 09 No. 01.
Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Hawkins, D.I. & Mothersbaugh, D.L. (2010). Consumer Behavior Building Marketing Strategy. 11th ed. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Juniwati. (2014). The Influence of Preceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Perceived Risk on Attitude and Intention to Shop Online. European Journal of Business and Management, Vol.6 No. 27.
Laudon, Kenneth C. & Traver Carol G. (2009). E-Commerce Business, Technology, Society. (5th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Mowen, J. C., & Michael, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid 1. Edisi Kelima. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga
Oskam, J., & Boswijk, A. (2016). Airbnb: The Future of Networked Hospitality Business. Journal of Tourism Futures, 2(1), 22-41
Phinemo. (2016). Apa itu Airbnb? Ini Fakta yang Harus Kamu Ketahui! Diakses pada 26 Agustus 2017, dari https://phinemo.com/pengertian-airbnb/.
Prasetio, A. (2013). E-commerce & IT Business. CV Dinamika Komunika: Bandung.
Sharepost. (2017). The Case for Airbnb’s $50 Billion IPO in 2018. Diakses pada 22 September 2017, dari https://sharepost.com/insights/blog/the-case-for-airbnbs-50-billion-ipo-in-2018
SimilarWeb. (2017). Airbnb.com. Diakses pada 21 September 2017, dari https://www.similarweb.com/website/airbnb.com.
Zainuddin S, & Paramitha Sandana. (2014). Analisis Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan ATM. Jurnal Muamalah: Volume IV, No. 1.