BUDAYA ORGANISI DAN KOMITMEN DOSEN TETAP PTS DI KOPERTIS WILAYAH IV JABAR-BANTEN

Main Article Content

Ani Yunaningsih

Abstract

Perusahaan atau organisasi dituntut untuk selalu memperkenalkan dan menyebarluaskan nilai-nilai budaya kepada seluruh anggota organisasi dengan cara pembinaan terhadap seluruh anggota, mengadakan pertemuan-pertemuan rutin, pimpinan memberikan contoh yang baik dalam segala aspek, memberikan penilaian dan penghargaan serta memberikan kontrol terhadap nilai-nilai budaya yang dianut pada organisasi yang bersangkutan. Budaya kerja tidak akan muncul begitu saja, akan tetapi harus diupayakan dengan sungguh-sungguh melalui proses yang terkendali dengan melibatkan semua sumber daya manusia dalam seperangkat sistem, alat-alat dan teknik-teknik pendukung. Budaya kerja akan menjadi kenyataan melalui proses panjang, karena perubahan nilai-nilai lama menjadi nilai-nilai baru akan memakan waktu untuk menjadi kebiasaan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah dosen tetap yayasan PTS di lingkungan kopertis wilayah IV Jabar- Banten, sumber data diambil dari dosen yang menjadi sampel penelitian. Dosen yang menjadi sampel dalam penelitian ini difokuskan pada dosen yang telah memiliki jabatan fungsional, sampel berjumlah 384 dari populasi sebanyak 9.498 dosen tetap PTS. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu ingin mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasional, jenis penelitiannya adalah deskriptif survei dan eksplanatori survei (explanation research). Terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasional pada dosen PTS di lingkungan Kopertis wilayah IV Jabar Banten.

Article Details

Section
Articles

References

Agustin, Eka Nina. 2006. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada Tenaga Perawat Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Universitas Negeri Malang. Malang
Allen ,N.J.& Meyer,J.P.,1993, organizational Commitment: Evidence of career stage effect ? Journal of business research,26, 49-61
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS (ALMANA) VOL. 1 NO. 3/ DESEMBER 2017 69
Azeem , 2010, Job Satisfaction and Organizational Commitment among Employees in the Sultanate of Oman. Psychology, 2010, 1, 295-299 doi:10.4236 /psych.2010.14038 Published Online October 2010 (http://www.SciRP.org/journal/psych)
Bretz, R. D., & Judge, T. A. (1994). Person organization fit and the theory of work adjustment: Implications for satisfaction, tenure and career success. Journal of Vocational Behaviour, 44, 32-54. http://dx.doi.org/10.1006/jvbe.1994.1003
Deal, T.E., dan Kennedy A., 1998. Corporate Culture. Mass: Perseus Publishing, Cambridge.
Hornby, A.S., 2000, Oxford Advanted Learner’s Dictionary of Current English, Edited by Sally Wehmeyer and Michael Ashby, Sixth Edition, Oxford University Press.
Mowday, R., et,al (1982). The measurement of organizational commitment. Journal of Vocational Behavior, 14, 224-247.
Nongo, Ezekiel Saasongu; et al, 2012, The Influence of Corporate Culture on Employee Commitment to the organization, Internasional Journal of Business and Management 7.22 (2012) : 21 – 28.
Robbins, Stephen P, 2009, Perilaku Organisasi : Konsep Kontroversi, Aplikasi, Prenhallindo, Jakarta
Spencer, Lyle M, JR, & Signe M. Spencer, 1993,Competence at Work, Models for Superior Performance, John Willey & Sons Inc.
Sri Marhamah, 2013,