PENGARUH PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DI CV. BANYU BIRU CONNECTION

Main Article Content

Alrizal Noerpratomo

Abstract

Persediaan bahan baku dan proses produksi merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan, karena persediaan bahan baku dan proses produksi adalah suatu kegiatan yang dapat menunjang baik buruknya kualitas produk yang dihasilkan suatu perusahaan. Dengan baiknya pelaksanaan persediaan bahan baku dan proses produksi, maka perusahaan dapat menekan tingkat kegagalan produknya, mencapai ketepatan waktu dalam menyelesaikan produk sesuai targetnya, dan dapat mengatur segala proses dalam menyelesaikan produk tersebut. Dengan pentingnya persediaan bahan baku dan proses produksi tersebut, penelitian ini akan dilakukan dimana dalam observasi terdapat masalah yaitu belum maksimalnya pelaksanaan persediaan bahan baku dan proses produksi di CV. Banyu Biru Connection, serta seberapa besar pengaruh persediaan bahan baku dan proses produksi terhadap kualitas produk di CV. Banyu Biru Connection. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode random sampling, dimana penelitian ini mengambil data triwulan dari januari 2015 sampai desember 2016. Data yang dikumpulkan adalah dengan cara Penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi dan wawancara. Dari data yang dikumpulkan, data dari penelitian tersebut diolah menggunakan path analysis, korelasi, uji F dan uji T. Hasil persediaan bahan baku (X1) belum berjalan dengan maksimal, sedangkan proses produksi (X2) sudah berjalan cukup baik, dan kualitas produk (Y) yang dihasilkan secara keseluruhan sudah baik.

Article Details

Section
Articles

References

Jay, Heizer. and Barry, Render. 2011. Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta: Salemba Empat.
Agus, Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
T. Hani, Handoko. 2011. Manajemen. Yogyakarta : BPFE.
Sofjan, Assauri. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia.
Fahmi, Irhami. 2014. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : Alfabeta.
Philip, Kotler. and Amstrong. 2011. Marketing an Introduction. Jakarta : Erlangga.
Arikunto, Suharmini. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Jonathan, Sarwono. 2011. Mixed Method : Menggabung Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Elexmedia Komputindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA. Sumber Website
Cindy, Fatmawati. 2012. Pengertian Produksi Luas Menurut Para Ahli Definisi, Teori, Tujuan, Fungsi, dan Faktor. (Online). Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-produksi-luas-menurutpara.html (13 Maret 2017 pukul 15.37 WIB).
Ardi, Priabi. 2016. Pengendalian Mutu. (Online). Tersedia : http://pria.blogspot.co.id/2013/01/v-behaviorurldefaultvmlo.html (16 Maret 2017 pukul 17.13 WIB).
Rudini Mulya. 2015. Konsep Dasar Proses Produksi. (Online). Tersedia: https://www.scribd.com/doc/235953866/Konsep-Dasar-Proses-Produksi (11 Maret 2017 pukul 12.49 WIB).
Yanti, Yuningsih. 2010. Pengaruh Pengendalian Persediaan Bahan Baku Terhadap Kelancaran Proses Produksi. (Online). Tersedia: http://toyayans.blogspot.co.id/2012/02/makalah-pengaruh- pengendalian.html. (13 Maret 2017 pukul 14.47 WIB).
Yoppi. 2015. Definisi Proses Produksi, Jenis Proses Produksi, Reliabilitas Proses Produksi, dan Manfaatnya. (Online). Tersedia: http://yoppyabenk25.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-definisi-prosesproduksi.html (15 Maret 2017 pukul 21.07).
Anggi Siti Khodijah.2015.”Pengaruh Persediaan Bahan Baku dan Kualitas Produk Terhadap Kelancaran Proses Produksi Kaleng Gudeg”. Disertai Doktor Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana Bandung : tidak diterbitkan.
Fahmi Latief. 2016. “Pengaruh Penyediaan Bahan Baku kain Wrinkle dan Proses Produksi Terhadap Tingkat Kualitas Produk Free Mens Shirt untuk Export Order”. (Studi kasus pada PT. Bigta Tryphena Garment)” Disertai Doktor Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana Bandung : tidak diterbitkan.