ANALISIS FAKTOR RISIKO SEBAGAI TAMBAHAN DALAM MODEL TAM DALAM PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY (STUDI KASUS: E-MONEY MANDIRI DI KOTA JAKARTA)

Main Article Content

Hanifa Fauzia Alza
Brady Rikumahu

Abstract

E-money Mandiri merupakan kartu prabayar multifungsi yang diterbitkan oleh Bank Mandiri sebagai pengganti uang tunai untuk transaksi pembayaran. E-money Mandiri menjadi unggulan dibandingkan dengan kartu prabayar lain karena e-money Mandiri adalah kartu prabayar yang digunakan di Gerbang Tol Otomatis (GTO) sejak September 2015 silam. Berdasarkan issue penerbit, e-money Mandiri memperoleh persentase sebesar 33,14% tertinggi disbanding issue penerbit yang lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 400 responden pengguna e-money Mandiri. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, variabel persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai pengaruh paling besar, yang kedua variabel persepsi kegunaan,  dan yang terakhir adalah variabel persepsi kemudahan. Penelitian ini menghasilkan nilai R2 sebesar 32% yang berarti model ini dapat digunakan untuk mengukur keputusan penggunaan.

Article Details

Section
Articles

References

BPJT, Admin. 2018. Badan Pengatur Jalan Tol. Agustus 24. http://bpjt.pu.go.id/berita/5jalan-tol-dengan-volume-lalu-lintastertinggi-tahun-2017.
Hartono, Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
2018. METADATA Bank Indonesia. Febuari.
http://www.bi.go.id/id/statistik/metadata/sist empembayaran/Documents/MetadataEMoney.p df.
Praditya, Ilyas Istianur. 2017. Liputan6. September
19. http://bisnis.liputan6.com/read/3100538/takuntung-bca-ogah-patok-target-penjualanuang-elektronik.
Riek, Markus, Rainer Bohme, and Tyler Moore. 1975. "Measuring the Influence of Perceived."
Riskinanto, Anggar, Bayu Kelana, and Deliar Rifda Hilmawan. 2017. "The Moderation Effect of
Age on Adopting E-Payment Technology." 4th Information Systems International Conference 2017.
Saputra, Muhardi, and Suhono Harso Supangkat. 2017. "Financial Technology Business
Model as Branchless Banking for People in Rural Area." the International Conference on ICT for Smart Society (ICISS).
Sayekti, Fran, and Pulasna Putarta. 2016. "Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah." Jurnal Manajemen Teori Terapan.
Sekaran, Uma, and Roger Bougie. 2009. Research Methods for Business: A Skill Building Approach.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Bandung: Alfabeta.
—. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wewege, Luigi. 2016. The Digital Banking Revolution.
Zebua, Ferdinand. 2017. DailySocial. Oktober 27. https://dailysocial.id/post/laporandailysocial-survei-e-money-di-indonesia2017.
Trihasta, D., & Fajaryanti, J. (2008). E-Payment Sistem. Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) (hal. 616). Depok: ISSN.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS.
Lai, P., & Zainal, A. (2015). Perceived Risk As An Extension To TAM Model: Consumers’ Intention To Use A Single Platform E-Payment. Australian Journal of Basic and Applied Sciences.
Lui, H. K., & Jamieson, R. (2003). TRiTAM: A Model for Integrating Trust and Risk Perceptions in Business-to-Consumer Electronic. 16th Bled
eCommerce Conference eTransformation. Slovenia.
Mendoza-Tello, J. C., Mora, H., Pujol-Lope, F. A., & Lytras, M. D. (2018). Social
Commerce as a Driver to Enchance Trust and Intention to Use
Cryptocurrencies for Electronic Payments. IEEE Access.
Alharbi, S., & Drew, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model n
Understanding Academic's Behavioural Intention to Use LearningManagement System. International Journal of Advanced ComputerScienceandApplications.




Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi
Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Wibowo, A. (2018). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem
Informasi Dengan Pendekatan Technology
Acceptance Model (Tam) .
Featherman, M. S., & Pavlou, P. A. (2002). Predicting e-Service Adoption: a
Perceived Risk Facets Perspective. English American Conference on
Information System, (hal. 1035).
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An
Introduction to Theory and Research.