Opini Audit Going concern: Debt default, Kondisi Keuangan Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan

Main Article Content

Anisah -

Abstract

Opini audit going concern merupakan sebuah opini yang disampaikan oleh auditor independen terkait kelangsungan usaha suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh debt default, kondisi keuangan perusahaan dan pertumbuhan perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap opini audit going concern pada perusahaan jasa subsektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 18 sampel perusahaan dengan kurun waktu selama 5 tahun sehingga total sampel sebanyak 90 data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic versi 23.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel debt default, kondisi keuangan perusahaan dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit going concern sebesar 33,9% dan sisanya 66,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Secara parsial debt default memiliki pengaruh signifikan positif terhadap opini audit going concern dan kondisi keuangan perusahaan memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap opini audit going concern. Sedangkan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap opini audit going concern.


 


 

Article Details

Section
Articles