The Influence of Liquidity, Profitability, Company Growth and Capital Structure on Company Value

Main Article Content

Dede Hertina

Abstract

This research aims to determine the influence of liquidity, profitability, company growth and capital structure on company value. This research was conducted on consumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2017-2022). The type of research used in this research is explanatory with a quantitative approach. The research results simultaneously state that Profitability, Liquidity, Company Growth and Capital Structure influence Company Value in Consumer Goods Industry companies listed on the Indonesian Stock Exchange for the period 2017 - 2019. Meanwhile, partial research results state that Liquidity has a significant negative effect on Company Value, profitability has a significant positive effect on Company Value, Company growth has no effect on Company Value and Capital Structure has no effect on Company Value in Consumer Goods Industry companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017 – 2019. This can be seen based on the calculated t value of -1.068 which is smaller than the t table and the significance value is 0.289 so it can be seen that the value is above 0.05, that H4 which states that Capital Structure has an effect on Company Value is rejected.

Article Details

Section
Articles

References

Bringham, E. F.& Joel F. H. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Sepuluh, Ali Bahasa Ali Akbar Yulianto, Penerbit Salemba Empat, Jilid 1, Jakarta.
Dirvi, S. A., Ubay D, & Sutardji (2019) melakukan penelitian dengan judul Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan
Fauziah (2020) melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Profitabilitas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018)”.
Firdaus, A., Herawaty, V., & Tjin, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 3(2), 169.
Gultom, R., & Widia W, S. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia.
Hanafi, M. M. (2013). Manajemen Keuangan Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Hernita, T. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 22 No. 3 / 2019, 22, 325–336.
Husnan, Suad and Pudjiastuti, E. (2016), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1), 66–81.
Laurencia. G (2019). Pengaruh Investment Oppertunity set, Return Of Asset, Cash Ratio, DER dan Colateral Asset Terhadap Kebijakan deviden, Doctoral Universitas Multimedia Nusantara.
Munawir. (2019). Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Cetakan Keempat.
Novitasari & Krisnando. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen (JAM) Volume, 18(2), 71–81.
Prasasti, N. H. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur ModalPerusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI 2011-2016). Skripsi. Universitas Islam Indonesia.Yogyakarta.
Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016: 4044 - 4070, 5(7), 4044–4070.
Raharja, A. (2021). Digital Marketing Adalah: Pengertian, 7 Jenis, Manfaat, dan Porspek Kariernya. Ekrut Media. https://www.ekrut.com/media/digitalmarketing-adalah
Rinofah, R., Pristin, Sari, P., & Fatharani, H. (2022). Analisis pengaruh likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Online) Jurnal Manajemen,14(1),2022–2056.https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10378
Robinhot G, Agustina, & Sri, W, W (2013) Meneliti Dengan Judul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia
Rusdaniah (2019) melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi”.
Sandra and Triyani (2019) “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan”
Selvi, S & Trisnawati, I (2019) Melakukan Penelitian Dengan Judul Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan
Sinta, L (2018), melakukan penelitian dengan judul Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia
Sudiani, and Darmayanti (2016) melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan”.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulindawati, Ni L. G. E, Yuniarta A.G & Purnamawati A.G.I. (2017). Manajemen Keuangan : Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis. Depok : Rajawali Pers.
Surya A, D., & Dillah, U. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Vol. 17, Issue 01).
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Tiwi, H (2019) melakukan penelitian dengan judul Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia
Ukhriyawati and Dewi (2020) melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Lq-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Wardita, W., & Astakoni, M. P. (2018). Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Sebagai Determinan Struktur Modal. Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 9(2), 20.https://doi.org/10.22225/kr.9.2.468.20-32
Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Yuliana, R (2017) Faktor-faktor Yang Melatar Belakangi Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Bengkulu Memilih Belanja online. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.