PENGARUH PROFESIONALISME AUDIT INTERNAL TERHADAP KINERJA AUDIT INTERNAL DAN PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) PADA PT.LINTAS MEDIATAMA

Main Article Content

Firda Zulfannisa Ariga

Abstract

Profesionalisme audit internal merupakan tanggungjawab, pengetahuan, kemampuan dan berbagai disiplin ilmu yang diperlukan untuk melaksanakan pemeriksaan secara tepat dan pantas sehingga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi kinerja audit internal dan pencegahan kecurangan. Fenomena yang terjadi pada sebagian besar perusahaan di Indonesia menunjukkan auditor internal yang tidak bisa mempertahankan sikap profesionalisme dalam pelaksanaan tugasnya. Demikian pula kinerja auditor internal dan pencegahan kecurangan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profesionalisme audit internal terhadap kinerja audit internal dan pencegahan kecurangan pada PT. Lintas Mediatama. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden 35 pegawai. Data penelitian merupakan data primer yang diambil melalui kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme audit internal berpengaruh terhadap kinerja audit internal 2) Profesionalisme audit internal berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan. 

Article Details

Section
Articles

References

Boynton, W.C. Johnson, R.N, dan Kell, W.G. “Modern Auditing”. Edisi Ketujuh. Jilid 1, Jakarta: Erlangga. 2006.
Hery. 2010. “Potret Profesi Audit Internal (Di Perusahaan Swasta dan BUMN Terkemuka)”, Bandung: Alfabeta.
Sawyer, B. Lawrence. Dittenhofer A, dan Scheiner H, James. 2006, “Internal Auditing”, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Tuannakotta, Theodorus M. 2007. “Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif”. Seri Departemen Akuntansi. Jakarta: LP-FEUI. Tugiman, Hiro. 2006. “Standar Profesional Internal Audit”, Bandung: PT Eresco Tugiman.
Hiro.2006. “Standar Profesi Audit Internal”. Yogyakarta: Kanisius. Widjaja Tunggal. Amin.2009 “Internal Auditing (Suatu Pengantar)”. Jakarta: Harvarindo.
D. Siahaan, Victor. 2010. “Pengaruh Profeesionalisme terhadap Komitmen Organisasi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Auditor”. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi. 3(1). 10-28.
Ramadhaniyati. Y. dan Nur. H. 2014. “Pengaruh Profesionalisme, Motivasi, Integritas, dan Independensi Satuan Pengawasan Internal dalam Mencegah Kecurangan (Fraud) Di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri”. JAFFA. 02(2). 101-114.
S. Gautama. I. dan M. Arfan. 2010. “Pengaruh Kepuasan Kerja, Profesionalisme dan Penerapan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Auditor”. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi. 3(2). 195- 205.