PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS HASIL PEMERIKSAAN (Studi Kasus Pada Bank Jabar Banten Syariah Bandung)

Main Article Content

Muhammad Iqbal Nugraha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan indepedensi auditor internal terhadap kualitas hasil pemeriksaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data dilakukan menyebarkan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa analisis regresi linier dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi dan independensi auditor internal terhadap kualitas hasil pemeriksaan pada Bank Jabar Banten Syariah di kota Bandung baik secara parsial maupun secara simultan. Tingkat kompetensi dan independensi auditor internal di Bank Jabar Banten Syariah pun dapat dikatakan tinggi, karena dari hasil analisis menggunakan statistic deskriptif, kedua variabel ini memiliki nilai diatas rata-rata, begitu pun dengan kualitas hasil  pemeriksaan yang dapat dikatakan baik karena berdasarkan hasil analisis memiliki nilai diatas rata-rata.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul, Halim. 2008. Auditing (Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan).
Amin Widjaja Tunggal, 2008. Audit Manajemen. Jakarta :Rineka Cipta.
Arens A. Alvin Et al. 2003. Ninth Edition. Auditing and Assurance Service-An Integrated Approach. New Jersey : Prentice-Hall.
Arens A. Alvin Et al. 2008. Auditing dan Jasa Assurance, Jilid I Terjemahan Hermawan Wibowo. Jakarta: Erlangga.
Arens A. Alvin Et al, 2012. 14 th Edition. Auditing and Assurance Services : An Intergrated Approach, Harlow : Pearson Education Limited.
Goodman Hutabarat. 2012. Pengaruh Pengalaman Time Budget Pressure dan Etika Auditor terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmiah. Vol. 6, No. 1.
Hery. 2004. Menuju Reposisi Peran Internal Audit dalam Era Globalisasi, Jakarta : Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi (LPFE) Universitas Trisakti, Jakarta, Volume 4, No 3, Desember 2004.
Ikatan Akuntan Indonesia IAI. 2011. ”Standar Profesional Akuntan Publik”.Jakarta. Salemba Empat.
Lupiyoadi Rambat, dkk. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Muhidin A. Sambas. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Pustaka Setia.
Mulyadi, 2010. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Santoso Singgih. 2012. Analisis SPSS Pada Statistik Parametrik. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo.
Susilawati dan Maya R Atmawinata. 2014. Pengaruh Profesionalisme dan Indpendensi Auditor Internal Terhadap Kaualitas Audit : Studi Pada Inspektorat Provinsi Jawa Barat. Jurnal Etikonomi, Volume 13 Nomor 2.
Tugiman Hiro. 2006. Standar Profesi Audit Internal. Yogyakarta: Kanisius.
Wibowo. 2010. “Manajemen Kinerja; Edisi Ketiga”. PT. Raja Grafindo Prasada: Jakarta.
Yusnita, Rita Tri. 2009. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Intern terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaannya. Jurnal Akuntansi vol 5-no 2 julidesember 2010.