Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Unit Data Scientist Divisi Digital Service Pt.Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Main Article Content

Dane Dea Ganesha
Romat Saragih

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan kepuasan kerja di unit Data Scientist, Divisi Digital Service PT. Telekomunikasi Indonesia. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu: pertama, untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan kerja. Kedua untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja non-fisik terhadap kepuasan kerja. Ketiga untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non-fisik terhadap kepuasan kerja. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang merupakan semua karyawan pada unit Data Scientist. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data   pada   penelitian   ini   yaitu   analisis   data   deskriptif   dan   kuantitatif dengan menggunakan SPSS Versi 22. Dan metode analisis yang digunakan yaitu uji analisis regresi linear berganda.


            Hasil penelitian dan analisis deksriptif menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non-fisik dan kepuasan kerja berada pada kategori tinggi. Uji analisis regresi linier berganda diketahui secara parsial lingkungan kerja fisik berpengaruh secara positif terhadap kepuasan kerja sebesar 23,8 % dan lingkungan kerja non-fisik berpengaruh secara positif terhadap kepuasan kerja sebesar 50,7 %. Sedangkan secara simultan lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non-fisik berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 69,8 %. Hasil penelitian ini baik secara parsial atau secara simultan lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non-fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan Unit Data Scientist.

Article Details

Section
Articles