PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PEMBELIAN ONLINE PRODUK T-SHIRT SAMESAME CLOTHING)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya kenaikan dan penurunan penjualan
setiap bulannya terhadap produk t-shirt Samesame Clothing. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai kualitas produk, harga dan
keputusan pembelian produk Samesame Clothing serta untuk mengetahui besar
pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Samesame
Clothing. Dalam penelitian ini, penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif
kausal. Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang pernah melakukan
pembelian di Samesame Clothing. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tanggapan konsumen terhadap kualitas produk, harga dan
keputusan pembelian produk Samesame Clothing secara keseluruhan berada dalam
kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial kualitas produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan pengaruh total sebesar 0,1013 atau
10,13% dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan
pengaruh total sebesar 0,4865 atau 48,65%. Hasil penelitian pun menunjukkan secara
simultan kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk Samesame Clothing sebesar 0,588 atau 58,8%, sedangkan sisanya
sebesar 41,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti.
Kata kunci:
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Pearson Education, Inc.
___________ dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 14E. New Jersey:
Pearson Education, Inc.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampei Era Modernisasi Global. Bandung: CV Alfabeta.
____________. 2017. Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional. Bandung: CV Alfabeta.
Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: CV Alfabeta.
Stanton, William J. 1984. Fundamentals of Marketing Seventh Edition. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: C.V Andi Offset (Penerbit ANDI).
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan IBM SPSS 19 Edisi ke lima. Semarang: Universitas Diponegoro
Aditya Hadi Pratama. 2017. Perkembangan Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2016 Terbesar di Dunia. (Online). Tersedia: https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016 (15 Maret 2017, 21:49).
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 2016. Penetrasi dan Perilaku
Pengguna Internet Indonesia. Dalam Hasil Survey 2016 (PDF). Tersedia:
https://www.apjii.or.id/survei2017 (15 Maret 2017, 21:35).
Isparmo. 2016. Data Statistik Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016. (Online).
Tersedia: http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/ (15 Maret 2017, 21:39).
Kominfo. 2017. Barang/ Jasa Yang Dibeli Secara Online Dalam Tiga Bulan Terakhir.
(Online). Tersedia: https://statistik.kominfo.go.id/site/data?idtree=430&iddoc=1526 (22 Maret 2017: 12.43).
Simon Kemp. 2017. Digital In 2017: Southeast Asia Regional Overview. (Online). Tersedia: https://wearesocial.com/blog/2017/02/digital-southeast-asia-2017 (15 Maret, 22.07).