PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CV. MULIA ABADI BANDUNG

Main Article Content

MOH. AEP NURJAMAD

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di CV. Mulia Abadi Bandung. Unit observasi penelitian ini adalah pegawai dan pemilik toko yang berada di Bandung Raya, sampel sebanyak 130 orang dari populasi 180 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan bagaimana kualitas produk dan loyalitas pelanggan dalam melayani pelanggannya, dan metode verifikatif yang bertujuan untuk menguji hiptotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Untuk mengetahui pengaruh antar variabel, analisis yang digunakan yaitu analisis jalur. Penelitian ini menghasilkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Article Details

Section
Articles

References

Buchari Alma. (2007). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung : Alfabeta.
Djasmin Saladin. (2010). Peningkatan Pemasaran Jasa Produk dan Perilaku Konsumen, Jakarta : Raja Grafindo Persada
.
Fandy Tjiptono. (2002). Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Andi.
Fandy Tjiptono. (2005). Pemasaran Jasa, Cetakan Pertama, Yogyakarta : Bayumedia Publishing.
Griffin, Jill. (2005). Customer Loyality, New York : Lexington Books.
Kotler, Philip & Amstrong, Gary, 2012. Principles of Marketing. Pearson Education Inc. New Jersey
Kotler, Philip & Keller, Lane. (2012). Marketing Management, Pearson Education Inc. New Jersy.
Parasuraman A, Zeithaml A Valerie and Berry L Leornard. (1988). Delivery Quality Service : Balancing Customer Perceptions and Expectations, Copyright 1990 by the Free Press A Division of Simon & Schuster Inx, New York.
Jing, Zhang dkk. (2014). The Influence of Brand Anuareness, Brand Image, and Perceived Qualition Brand loyality. A case study of oppo Brand In Thailand. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research in Business Vol 5.No.2
Michael, Nancy, Customer Loyality, Elusive, but Critical, Amerikan Bankers Association, ABA Banking Journal : Feb 2007;99,2 ;Informasi Global, hal 42.
Ogba, Ike-Elechi & Zhenzhen Tan. (2009). Exploring the Impact of Brand on Customer Loyalty and Commitment in China. Journal of Techology Management in China Vol.4.No.2