PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. TRISUMBER MAKMUR INDAH

Main Article Content

Nurlina Ramlan Azhary

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan serta besarnya pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah 197 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, verifikatif, dan analisis jalur.Data-data yang memenuhi uji validitas dan uji reliabilitas, dimana variabel kinerja karyawan (Y), variabel budaya organisasi (X1), variabel gaya kepemimpinan (X2), pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa variabel independen budaya organisasi (X1) dan gaya kepemimpinan (X2) yang terbukti berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (kinerja karyawan). Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa kedua varibel independen (budaya organisasi dan gaya kepemipinan) yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen (kinerja karyawan

Article Details

Section
Articles

References

Sumber Buku
Anwar Prabu Mangkunegara, 2011,Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan,Bandung: Remaja Rosdakarya.
Burhan Bungin, 2014, Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Engkos, Achamad Kuncoro dan Riduwan, 2014, Path Analysis (Analisis Jalur), Bandung: Alfabeta.
Juliansyah Noor, 2013, Penelitian Ilmu Manajemen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Marwansyah, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
T. Hani Handoko, 2013, Manajemen, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Tubagus Achmad Darojat, 2015, Pentingnya Budaya Kerja Tinggi dan Kuat Absolute, Bekasi: PT. Refika Aditama.
Sumber Jurnal
Bryan Johannes Tampi, 2014, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia, Tbk (Regional Sales Manado)”, (Online)
Dewi Sandy Trang, 2013, “Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara)”, (Online)
Emmy Juliningrum dan Achmad Sudiro, 2013, “Pengaruh Kompensasi, Budaya Organisasi, Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai”, (Online)
Noppy Riscky, 2015, “Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemipinan Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus Pada Karyawan PT. Sumatera Makmur Lestari Cabang Sintang, Kalimantan Barat”, (Online)
Rendy Wiratama Tartika, Hamidah Nayati Utami, dan M.Djudi Mukza, 2017, “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Toyota Auto2000 Sukun-Malang)”, (Online)
Sabdo Teguh Prakoso, 2016, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Perum Perhutani KPH Kedu Utara”, (Online)
Siti Khotimah, 2015, “Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Condong Pandawa Nusantara (Noars Rafting)”, (Online)
Sudarmadi, 2007, “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Studi Empiris Karyawan Administratif Universitas Semarang”, (Online)
Sulistyaningsih, Ambar Sari Dewi, dan Yani Tri Wijayanti, 2012, “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”, (Online)
Tintin S., 2010, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada SBU Pos Prima Direktorat Operasi PT. Pos Indonesia (Persero)”, (Online)