PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BAMBOO FAMILY MASSAGE AND REFLEXIOLOGY BANDUNG

Main Article Content

Rismawati .

Abstract

Kualitas Pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam usaha mencapai keunggulan bersaing. Untuk mencapai kualitas yang diinginkan, perusahaan melakukan pemenuhan kebutuhan pelanggan. Terdapat lima indikator utama yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan yaitu, berupa bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.    Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen, serta untuk mengetahui besarnya Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen serta besarnya Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. 


 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan dan kepustakaan dengan jumlah responden sebanyak 88 orang. Metode analisi data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan bantuan Software Stat 97 pada Microsoft Excel 2007.


 Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dengan total kontribusi sebesar 65,5% yang terdiri dari Kualitas Pelayanan sebesar 42,3% dan dari Harga 23,3% sedangkan sisanya sebesar 34,5% merupakan kontribusi dari variabel lain diluar penelitian.


 Dalam pengujian hipotesis, digunakan perhitungan statistik dengan menggunakan program Software SPSS v21, yaitu uji f dan uji t dengan uji dua pihak. Dengan tingkat signifikansi 0,05, dimana uji f adalah (80,864 > 3,104), artinya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Uji t untuk Kualitas Pelayanan (XI) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) adalah (6,827 > 1,988), artinya secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Sedangkan uji t untuk Harga (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) adalah (4,208 > 1,988), artinya secara parsial Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.

Article Details

Section
Articles

References

Adisaputro, G. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.
Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian . Bandung: Sumbiosa Rekatama Media.
Assuari, S. (2012). Strategic Marketing . Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFEYOGYAKARTA.
Gaspersz, V. (2016). TQM. Jakarta: PT. Percetakan Penebar Swadaya.
Herlambang, S. (2014). Basic Marketing . Yogyakarta: Gosyen .
Kotler, P. (2010). Marketing 3.0. Canada : Gelora Aksara Pratama.
Laila Q, N. S. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Servis Bengkel AHAS 0002 Semarang Honda Center . Diponegoro Journal Of Social and Public, 1-8.
Morissan. (2010). Periklanan, komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.
Oesman, Y. M. (2010). Sukses Mengelola Marketing Mix, Crm, Customer Value, dan Customer Dependency. Bandung: Alfabeta.
Parasuraman, Z. d. (2011). Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Erlangga.
Purwati, S. d. (2013). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi kasus pada PT. Nusantara Solar Sakti). Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS) , Vol. 2, No. 3.
Ratnasari, R. T. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugioyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. sfaction. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.