PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA BANK NAGARI DI KANTOR PUSAT DI SUMATERA BARAT

Main Article Content

Viona Anjelia
Romat Saragih

Abstract

Penelitian dilakukan pada Bank Nagari Kantor Pusat di Sumatera Barat, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan dengan adanya gaya kepemimpinan sebagai variabel moderator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuesioner dengan sampel berjumlah 62 responden dan menggunakan metode
Kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling Propotional Sampling dengan Simple random sampling, dimana pengambilan anggota sampel dan populasi diambil secara acak tanpa melihat yang berstrata secara proposional didalam populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif, dengan metode regresi linear sederhana (I) untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan dan metode regresi linear berganda (II) untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan memperkuat hubungan motivasi terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh secara parsial bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh motivasi dan gaya kepemimpinan Bank Nagari Kantor Pusat di Sumatera Barat memperkuat hubungan antara motivasi dengan kinerja karyawan.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
[2] Sinungan, Muchdarsyah. (2003). Produktivitas apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
[3] Maulana, F.H., Hamid Djamhur., & Mayoan Yunaidi. (2015). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BTN Kantor Cabang Malang. Jurnal Universitas Brawijaya.
[4] Gunadi Wahyu T. (2016). Pengaruh Absensi, Motivasi, Kedisiplinan, Lingkungan Kerja, Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Yhuen Garment Boyolali. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[5] Heryanto, Ari. 2004. Skripsi: Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Motivasi Sebagai Faktor Pemodernisasi. Surakarta: FE UNS.
[6] Siagian, (2010). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
[7] Priansa, D. J. (2014). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.
[8] Yusuf, Burhanudin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah. Cetakan Kesatu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[9] Robbins dan Judge. (2007). Perilaku Organisasi. terj. Diana Angelica. Jakarta : Salemba Empat (pp. 230 – 233).
[10] Mulyadi, Deddy. (2015) Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfabeta.
[11] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
[12] Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[13] Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis . Yogyakarta: CV.ANDI.