PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI LITTLE WHITE CAFÉ KOTA BANDUNG

Main Article Content

Riska Yuliana

Abstract

Pengaruh harga dan Kualitas Pelayanan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan jasa. Dengan terciptanya Kualitas Pelayanan yang baik maka harga yang di berikan produsen tidak akan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta besarnya Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan
dalam penelitian ini riset lapangan dan kepustakaan dengan jumlah responden 88 orang. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan bantuan spss 22.0 for windows. Hasil analisis jalur menyimpulkan bahwa Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Besarnya pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 62,9% dan sisanya sebesar 37,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak masuk ke dalam penelitian. Harga mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap Kepuasan Konsumen dibadingkan pengaruh Kualitas
Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Little White Caf Dalam pengujian hipotesis, digunakan perhitungan statistic, yaitu uji F dan Uji T dengan uji dua pihak. Dengan tingkat signifikansi nilai thitung Harga (7,309) lebih besar dari ttabel (1,988) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, maka pada tingkat kekeliruan 5% keputusan uji adalah menolak Ho sehingga Ha diterima yang artinya bahwa harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Uji t untuk Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen nilai hitung Kualitas Pelayanan (5,737) lebih besar dari ttabel (1,988) dan nilai signifkasi 0,000 < 0,05, maka pada tingkat kekeliruan 5% keputusan uji adalah menolak Ho sehingga Ha diterima. Yang artinya bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Uji f untuk harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Nilai Fhit diperoleh sebesar 71,969 dengan signifikansi 0,000. Hasil perbandingan nilai uji terlihat
Fhit sebesar 71,969 lebih besar dari pada Ftabel sebesar 3,104 dan juga jika dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh nyata terhadap Kepuasan Konsumen.

Article Details

Section
Articles

References

Fandy Tjiptono, 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT . Indeks Kelompok Gramedia.
Fandy Tjiptono, 2012. Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.Hatane
Samuel dan Nadya Wijaya 2012. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN, VOL, 4. Surabaya, Jawa Timur.
Husein 2013 . Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Kartajaya 2011. Hermawan Kertajaya on Marketing. Edisi Soft Cover . Bsndung : Mizan
Media Utama.
Kotler 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler 2012. Manajemen Pemasaran “ . Jakarta : PT. Indeks.
Kotler 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler & Amstrong 2012. Priciples of Marketing Global 14th edition. New Jersey: Prentice.
LoveLock – Wright 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantono, Cetakan kedua, Jakarta: PT. INDEKS.
Stanton 2013. Prinsip Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 2, Jakarta : Erlangga.
Supranto 2011. Statistik Teori dan Aplikasi, Cetakan kedua, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Alfabeta : Bandung
Wanton. 2013. The Brave New World of Neuromarketing is here B&I (Australia). 19 November
Wycoff 2012. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Penelitian Pikiran. Jakarta : Khaifa.
Zeitham, Bitner dan Dwayne 2014. Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm (4th edition). Singapore : Mcgraw Hill.