Pengaruh Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House Of Smith

Main Article Content

Jani Muhamad Ramdhan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media sosial, e-commerce, dan keputusan pembelian yang diterapkan oleh distro House of Smith. Serta untuk mengetahui berapa besar pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian, pengaruh e-commerce terhadap keputusan pembelian serta pengaruh media sosial dan e-commerce terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebas (X) yaitu media sosial dan e-commerce, sedangkan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang mana konsumen merupakan responden dalam penelitian, untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 88 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Untuk mengolah data, penulis menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa media sosial berada pada kategori baik, e-commerce berada pada kategori baik, keputusan pembelian berada pada kategori baik. Media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 28,09%, e-commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 34,91%, serta media sosial dan e-commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 63%. Sementara hasil Uji-T menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, e-commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Uji-F menunjukkan bahwa media sosial dan e-commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Article Details

Section
Articles

References

Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : Pustaka Setia
Nugroho, Adi Sulistyo. 2016. E-Commerce Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ekuilibria
Miftahul Alim. 2018. Bunga Rampai Media Sosial. Bontang: Guepedia