Pengaruh Credibility Of Shared Experience dan Information Usefulness terhadap Purchase Intention Melalui Adoption of Shared Experience sebagai Mediator

Main Article Content

Indah Kurnia
Citra Kusuma Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran adoption of shared experience sebagai mediator terhadap credibility of shared experience, information usefulness dan purchase intention pada pelanggan Traveloka, serta mengetahui seberapa besar pengaruh langsung credibility of shared experience dan information usefulness terhadap purchase intention. Medote yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan tipe analisis yang digunakan adalah deskriptif-kausal. Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diperoleh dengan teknik metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Data yang terkumpul dari 10 pertanyaan kuesioner kemudian diolah menggunakan SPSS 24 dengan teknik analisis data Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Credibility of Shared Experience berpengaruh secara signifikan terhadap Adoption of Shared Experience. Variabel Information Usefulness berpengaruh secara signifikan terhadap Adoption of Shared Experience. Variabel Adoption of Shared Experience berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase Intention.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2014). Profil pengguna internet Indonesia 2014. (Online). Diperoleh tanggal 24 Oktober 2017, dari https://www.apjii.or.id/content/read/39/27/profil-pengguna-internet-indonesia-2014.
[2] Bae, S.J; Lee, Hyeonsuh; Suh, E-K; dan Suh, K-S. 2016. Shared experience in pretrip and experience sharing in posttrip: A survey of Airbnb users. Journal of Information & Management, 714-727.
[3] Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Horizon Edition. Pearson.
[4] Lubis, Miladinne. (2014, March 9). Konsumen Indonesia Mulai Menyukai Belanja Online. Nielsen. Diperoleh tanggal 24 Oktober 2017, dari dari http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/konsumen-indonesia-mulai-menyukai-belanja-online.html
[5] Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
[6] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[7] Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.